Menjadi Praktisi Departemen Operasi dalam Seragam Keperawatan

Praktisi departemen operasi (ODP) adalah anggota kunci dari tim bedah. Mereka bekerja di seragam keperawatan bekerja sama erat dengan ahli bedah, perawat teater, dan ahli anestesi untuk memastikan bahwa instrumen dan peralatan disiapkan dengan benar; mereka membantu tim bedah selama prosedur; dan mereka memantau kondisi pasien sebelum, selama dan setelah operasi. Prosedur bedah memiliki tiga fase: anestesi, operasi, dan pemulihan. Sebagai ODP Anda akan terlibat dalam ketiganya, memantau status dan kenyamanan pasien selama proses berlangsung. Sebelum operasi, Anda akan menyiapkan semua peralatan dan obat-obatan yang diperlukan untuk membius pasien, dan mempertahankan pernapasan selama operasi. Selama prosedur Anda akan bekerja sama dengan ahli bedah operasi, menyerahkan instrumen dan perangkat lain yang diperlukan, dan mempertahankan kondisi aseptik yang ketat yang diperlukan untuk mencegah infeksi. Selama fase pemulihan Anda akan berada di sisi pasien ketika ia terbangun dari anestesi, dan Anda akan memeriksa untuk memastikan pasien dapat kembali ke bangsal dengan aman.

Menjadi ODP dalam seragam Koi adalah peran yang bervariasi dan sibuk. Satu menit Anda mungkin menangani peralatan berteknologi tinggi yang membuat pasien tetap hidup selama operasi besar. Maka Anda mungkin memegang tangan pasien saat dia mendapatkan kembali kesadaran, memberikan jaminan dan juga memastikan bahwa semua tanda vital pasien adalah positif. Anda akan bekerja sebagai bagian dari tim yang sangat terampil dan erat, di mana sangat penting bahwa semua orang tahu apa yang mereka lakukan, dan waktu adalah esensi. Karena itu, Anda harus dapat bekerja secara efektif di bawah tekanan. Pekerjaan ODP terutama di ruang operasi rumah sakit, dan mereka dapat bekerja di unit jantung, unit kecelakaan dan gawat darurat, atau klinik plester. ODP membutuhkan keterampilan pengorganisasian dan penyelesaian masalah yang kuat, mereka harus menjadi pemain tim yang baik, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mereka harus mampu menangani tekanan, mereka harus teliti, dan mereka harus memiliki pendekatan yang bertanggung jawab dan profesional.

Untuk mengisi sepatu keperawatan sebagai ODP perlu memiliki setidaknya R.N. sertifikasi dan memiliki diploma dalam praktik departemen operasi dari sekolah keperawatan bersertifikat, perguruan tinggi, atau universitas. Kursus diploma yang disetujui biasanya membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya secara penuh, dan mereka menggabungkan belajar dengan keterlibatan langsung dan praktis. Ada juga lagi kursus paruh waktu yang dapat membutuhkan hingga lima tahun untuk menyelesaikan, serta program diperpanjang yang mengarah ke kualifikasi tingkat sarjana. Banyak rumah sakit dan program pemerintah tersedia bagi perawat untuk membantu membiayai pendidikan lanjutan mereka. Ketika Anda meningkatkan pengalaman profesional Anda, Anda dapat beralih ke peran yang lebih senior, baik memimpin tim ODP di unit teater, atau yang mengkhususkan diri dalam bidang tertentu seperti ortopedi, transplantasi, atau perawatan bayi. Selain kemungkinan untuk maju ke peran senior dan khusus, ODP memiliki kesempatan untuk mengambil tanggung jawab tambahan, dan untuk maju dalam organisasi rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *